Selasa, 25 Desember 2012

Sayuran itu Penting


Sayur adalah makanan yang dianggap sebagian orang menjadi pilihan untuk melangsingkan badan atau diet bahkan ada orang yang sangat suka dengan sayuran dan sama sekali tidak memakan daging,  yang biasa kita sebut sebagai “vegetarian”. Selain dapat melangsingkan badan sayuran memang sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh kita karena kandungan yang terdapat dalam sayuran tersebut sangatlah banyak dan sayuran juga dapat melancarkan pencernaan tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit.
Memakan sayuran dapat mencegah penyakit jantung koroner. Kandungan vitamin C yang tinggi dan alami pada sayuran dapat secara efektif menangkal penyakit jantung koroner. Jantung akan normal jika disuplai dengan vitamin C yang berasal dari sayuran. Kalsium adalah salah satu kandungan sayuran hijau. Kalsium dibutuhkan tubuh supaya dapat bekerja dengan baik. Semakin hijau suatu sayuran, semakin tinggi kadar kalsiumnya. Kalsium tentu saja bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi, membuat mudah tidur dan memperkuat otot. Penyakit diabetes mellitus pun dapat dicegah dengan konsumsi sayuran yang mengandung kalsium tinggi.
Jumlah terbaik konsumsi sayuran per hari paling tidak sebanyak 200 gram untuk melancarkan metabolisme tubuh. Sayuran tidak akan menambah berat badan secara signifikan. Sebagai contoh adalah apabila anda mengonsumsi 400 gram sayuran maka berat badan anda tidak akan naik secepat ketika anda mengonsumsi 400 gram daging setiap hari. Selain itu sayuran juga tidak mengandung kolesterol sehingga tidak ada resiko apapun dikonsumsi dalam jumlah besar.
Secara spesifik, nutrisi pada sayuran sangat banyak. Anda dapat mengonsumsi sayuran setiap hari tanpa masalah apapun. Sayuran memiliki banyak nutrisi yang penting bagi tubuh seperti kalsium, serat, vitamin A, vitamin C, folat, potasium dan protein. Sayuran sebagai menu wajib untuk tiga kali makan sehari dapat memberikan pengaruh positif bagi kesehatan anda. Nutrisi spesifik yang ada dalam sayuran antara lain adalah:
  1. Potasium
Sayuran mengandung potasium yang baik untuk diet. Potasium membuat tekanan darah menjadi normal dan sehat. Tekanan darah yang baik akan membuat orang tenang sehingga gejala susah tidur dapat dicegah. Sayuran yang lebih banyak mengandung potasium adalah kacang, tomat, kedelai, bayam dan kangkung.
2.                  Serat atau fiber
Serat yang terkandung dalam sayuran membantu pencernaan lebih baik dalam memroses makanan sehingga memperingan kinerja lambung dan usus. Sayuran dianjurkan untuk mereka yang mengalami gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Serat memiliki efek mengenyangkan sehingga baik untuk mereka yang sedang berdiet. Anda akan merasa kenyang makan sayuran dibanding nasi atau gandum dengan takaran yang sama.
3.                  Asam Folat
Sayuran banyak mengandung folat tinggi seperti kangkung, bayam dan selada sangat baik untuk wanita. Folat adalah zat yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Folat dipercaya adalah zat yang membuat wanita menjadi lebih subur. Asam folat dapat membantu pertumbuhan janin ketika masih dalam kandungan.
Selain ketiga nutrisi diatas, masih ada kandungan vitamin A dan C. Vitamin ini tentu sangat baik menunjang pertumbuhan dan kesehatan tubuh manusia serta mencegah penyakit. Jadi, banyak-banyak mengonsumsi sayuran itu baik bagi kesehatan tubuh kita. Masih ragu mengonsumsi sayuran?
Sumber :
Sumber Gambar :


1 komentar: