Minggu, 23 Desember 2012

Minuman Bernergi atau Enegri Drink


Minuman berenergi?, pasti anda semua pasti tahu dan mungkin pernah meminumnya karena minuman tersebut memiliki warna dan rasa yang sangat beragam serta menarik karena itu banyak dari kita tertarik untuk mencobanya. Dan biasanya minuman berenergi tersebut dikonsumsi sesaat sesudah olahraga atau sebelum olahraga karena alasannya agar menjaga stamina tetap stabil dan menghindari kita untuk kelelahan.
Memang minuman berenergi tersebut banyak menyimpan manfaat untuk tubuh kita tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya dibalik manfaat yang ada dalam minuman berenergi tersebut menyimpaan banyak sekali efek samping yang ditimbulkan apabila kita terlalu sering mengkonsumsinya. Efek samping tersebut akan terasa dalam beberapa tahun kemudian setelah kita mengkonsumsinya.
Didalam minuman berenergi tersebut terdapat 2 kandungan zat utama yang bernama kafein dan taurin, dua bahana tersebut lah yang amat berperan dalam kandungan minuman tersebut yang berperan untuk seolah –olah menambah energi dalam tubuh kita setelah kita meminum minuman tersebut, padahal apabila dikonsumsi secara teratur dan terlalu sering dapat menimbulkan masalah yaitu :
a.      TAURIN

Adalah semacam asam amino dari pecahan molekul sejenis protein yang sebenarnya sudah diproduksi secara mencukupi oleh tubuh lewat makanan sehari-hari yang kita makan. Bahayanya
mengkonsumsi Taurin pada awalnya akan meningkatkan konsentrasi berpikir untuk sesaat, namun pada dosis rutin ( 3 kali sehari ) akan menyebabkan kelelahan otak, sakit kepala, dan pada dosis besar dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan bahkan kegilaan ( Forbess Magazine ).

b.       KAFEIN

Adalah senyawa kimia sejenis protein yang terdapat pada kopi dan coklat, kafein merupakan stimulan ( perangsang ) detak jantung, dan meningkatkan kerja jantung memompa darah. Menghilangkan kantuk. Batas konsumsi kafein aman adalah 200 mg perhari, atau setara dengan satu sendok teh bubuk kopi, atau satu cangkir kopi sehari. Namun jika kita lihat pada minuman suplemen energi instan, maka kita akan menjumpai bahwa kandungan kafein ternyata adalah lima kali dari batas aman konsumsi.
Namun bukan hanya itu saja efek samping dari minuman berenergi tersebut , berikut adalah beberapa dampak yang akan kita dapatkan apabila terlalu sering mengkonsumsi minuman bernergi :
a.      Mengandung Gula Tinggi
Kandungan ini diketahui merupakan pemicu dalam meningkatnya kadar gula darah yang bisa menyebabkan rusaknya gigi serta pertambahan berat badan yang tidak sehat.Tak hanya itu kadar gula yang tinggi juga bisa menghambat penyerapan air ke dalam tubuh sehingga bisa menimbulkan resiko dehidrasi secara otomatis akan mulai kecanduan.
b.      Selain itu minuman energi
juga dapat menyebabkan pengkonsumsian minuman lainnya menurun, konsumsi air dan susu. Hal ini dapat menyebabkan rusaknya tulang karena kurangnya asupan kalsium.
Maka dari itu masih banyak cara untuk menjagar kondisi stamina tanpa meminum minuman energi yang banyak mengandung efek samping banyak minuman bernergi yang terbuat dari bahan herbal yang tentunya akan lebih aman karena tidak mengandung efek samping.
Caranya adalah campurkanlah susu sapi murni hangat dengan jahe, madu, dan gingseng. Insya Allah campuran ini akan benar-benar menambah stamina dan energi kita. Walaupun efeknya tidak langsung terasa tetapi coba gunakan untuk aktivitas fisik seperti olehraga, pasti akan terasa khasiatnya.
Sumber :
Sumber Gambar :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar