Sabtu, 15 Desember 2012

Dampak Radiasi Handphone


Handphone adalah barang yang sudah tidak asing bagi seluruh orang yang ada di dunia karena handphone menajdi kebutuhan primer untuk manusia agar dapat berkomunikasi satu sama lain walaupun jaraknya sangat jauh apalagi handphone sangat flexible dan mudah dibawa kemana pun, apalagi semakin maraknya merk handphone yang memberi harga murah pada konsumen untuk menggunakan produknya tersebut menjadi alasan semakin banyak pengguna handphone jaman sekarang.
Di seluruh dunia saat ini telah hampir terdapat 570 juta pengguna handphone dan diprediksikan dalam jangka waktu 5 tahun lagi jumlah pengguna handphone tersebut akan terus meningkat hingga mencapai 1,4 miliar pengguna. Sangat menguntungkan untuk para perusahaan seluler di dunia, tetapi pernahkan anda mendengar berita bahwa handphone yang anda gunakan tersebut dapat menyebabkan kanker otak?
Meskipun hal tersebut belum terbukti kebenarannya, tapi memang benar bahwa handphone memancarkan radiasi yg besar. Karena semakin besar radiasi yang dipancarkan oleh gelombang elektromagnetik yang terdapat pada hanphone tersebut semakin besar kemungkinan kita untuk terkena radiasi tersebut tetapi banyak dari perusahaan handphone telah menciptakan handphone yang radiasi gelombang elektromagnetiknya tersebut rendah tetapi akibatnya sinyal yang dihasilkan dari handphone tersebut rendah, maka dari itu banyak orang yang terlalu lama menggunakan handphone untuk menelpon terkadang menderita sakit kepala itu dikarenakan radiasi dari handphone tersebut.
Perangkat tambahan handphone seperti headset sangatlah direkomendasikan untuk digunakan karena alat tersbut dapat mengurangi tingkat radiasi yang dihasilkan oleh handphone tersebut karena semakin jauh handphone semakin sedikit radiasi yang kita alami. Selain penyakit kanker otak dan sakit kepala radiasi handphone dapat menyebabkan penyakit Alzheimer, Parkinson, rasa lelah yang amat sangat, bahkan dapat menyebabkan kemandulan bagi kaum pria karena sperma yang dihasilkan menjadi bergerak secara tidak normal mengakibatkan sperma sulit untuk menembus dinding rahim, jangan menaruh handphone anda disaku celana karena dapat menyebabkan kemandulan.
Berikut ini tips-tips untuk mengatasi radiasi handphone tersebut seperti :
Mengaktifkan speaker handphone
Jika tidak terlalu penting lebih baik lebih baik gunakan sms
Setting ke mode off line
Gunakan handphone di ruangan yang luas
Lihat indikator penerimaan sinyal
Memakai telinga secara bergantian untuk menelpon
Menelpon seperlunya saja jangan terlalu lama
Jika belum tersambung jangan tempelkan handphone di telinga
Mengurangi pemakaian smartphone
Jangan letakkan handphone disaku celana
Malam hari sebaiknya handphone dimatikan
Jauhkan anak bayi dari handphone
Gunakan tutup (casing) anti radiasi handphone
Itu adalah sedikit cara untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan oleh handphone semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda dan jangan terlalu bergantung pada handphone atau gadget elektronik yang lain karena selain banyak keuntungannya gadget tersebut dapat menimbulkan penyakit yang serius bagi penggunanya.
Sumber :
http://portal.paseban.com/article/9220/bahaya-radiasi-handphone
http://1-1y4n9.blogspot.com/2009/04/bahaya-hp-terhadap-organ-tubuh-kita.html
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/20/072411857/Menimbang-Bahaya-Tidaknya-Radiasi-Ponsel
http://www.tanjabbarkab.go.id/html/index.php?id=artikel&kode=117
http://info-kesehatan.net/13-tips-mengatasi-bahaya-radiasi-hp/
Sumber Gambar:
http://www.cellphonebeat.com/cellphone-triggered-disorders-heard.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar